18 April 2009

Never Ever Judge A Book By Its Cover

Watch this video from You Tube
Inilah pelajaran yang mungkin bisa diambil dari Fenomena Susan Boyle.  Boyle adalah perempuan berusia 47 tahun dengan tubuh gemuk dan berparas biasa-biasa saja. Dandanannya pun sederhana. Pokoknya sangat jauh dari gambaran calon idola yang biasa muncul di tayangan-tayangan televisi mana pun. Ketika ia muncul perdana di panggung ajang pencarian bakat penyanyi versi Inggris "Britain’s Got Talent" mungkin sebagian penonton acara tersebut meremehkan dirinya, bahkan Simon Cowell yang menjadi salah satu juri acara tersebut sempat meremehkan dan merendahkan Boyle.

Namun perempuan kampung nan lugu asal skotlandia itupun menjawab cemoohan pada dirinya itu dengan tampil menyanyikan sebuah lagu "I Dreamed a Dream" dengan percaya diri. Dan ketika mendengar suara merdu bak malaikat Boyle, semua mata pun terbelalak, seluruh penonton dan juri yang awalnya merendahkan dirinya terkagum-kagum dibuatnya, riuh tepuk tangan dan sanjungan setinggi-tingginya pun diberikan kepada Boyle. Semua juri memberikan komentar pujian kepada dirinya.

Setelah penampilan Boyle, internet pun langsung ”kebanjiran” orang-orang yang ingin mendengar dan menyaksikan Boyle pada acara televisi Inggris itu. Situs video YouTube yang menyajikan penampilan Boyle diserbu sebanyak 5,6 juta kali. Penampilan Boyle pun diulas dan ditampilkan di CNN. Boyle menjadi tampilan di halaman muka di berbagai surat kabar Inggris, Australia, juga New York. The Washington Post, misalnya, secara khusus bahkan menurunkan tulisan cukup panjang mengenai Boyle. Berjuta-juta komentar pujian pun ditulis para penjelajah internet dalam berbagai situs.

Umur, asal-muasal keluarga yang tidak istimewa, penampilan yang kurang menarik, bukan hambatan. Boyle dianugerahi keistimewaan yang lain, yaitu suara soprannya. Pemunculan Boyle dalam acara ajang pencarian idola versi Inggris itu juga menjadi peringatan bagi para pengelola ajang sejenis lainnya di berbagai negara untuk tidak meremehkan siapa saja. Umumnya, ajang sejenis itu membatasi umur peserta dan lebih memfavoritkan penampilan fisik calon idola.


sumber: kompas.com

6 comments:

bunda azka said...

Ya mmg.. seharusnya org itu jangan menilai seseorg tuh dr luarnya aja.

buktinya, walau dia gemuk dia punya suara yg oke.

salut seh u/ Susan Boyle.

SECONAZ said...

setuju ma bunda azka, tapi masyarakat kita sekarang sudah terlanjur terbiasa menilai seseorang dari penampilannya..walaupun sedikit ga nyambung-bisa dilihat sebagai cerminan, ada acara reality show di RCTI : minta tolong....si akang juga bisa ngenilai sendiri lah..

budiawanhutasoit said...

setuju banget sama bunda azka.
masih banyak dari kita yang menilai orang dari tampilan luarnya..padahal ngga ada 'isi'-nya..

salaut buat Susan Boyle..

febriansyah.biz said...

yes.....
bener tuh. penampilan bukan jaminan. bahkan (maaf ya buat yang ngerasa cakep!) umumnya orang cakep itu cuma punya tampang loch... tapi gak semua si... ada koq yang tampan dan pintar,apa lagi yang cantik dan pintar

duniabasket.com said...

jangan melihat hanya dari fisik semata ya !!!

iam said...

semoga kita termasuk yang bukan menilai orang dari luarnya saja.