22 December 2008

Selamat Hari Emak...


Emak adalah sosok yang paling saya banggakan. Bagi saya beliau adalah seorang ibu, seorang guru dan seorang pelindung bagi anak-anaknya. Segenap tenaga dan kemampuan beliau kerahkan, tumpahan peluh keringat dan luapan tetes air mata, serta ribuan doa senantiasa tercurah bagi 7 orang anaknya termasuk saya. Air mata saya selalu menetes apabila mengingat jasa-jasa besar beliau, sementara saya sampai dengan saat ini belum mampu memberikan kebahagiaan bagi beliau walaupun hanya secuil. Ketika sekolah dulu, apabila bapak saya yang seorang tukang las tidak punya uang untuk ongkos buat saya dan kakak-kakak saya berangkat sekolah, emak saya rela berkeliling ke tetangga mencari pinjaman uang untuk ongkos anak-anaknya ke sekolah.

Ketika waktunya pembayaran SPP sekolah, sementara belum ada uang untuk membayar, lagi-lagi emak saya pergi cari pinjaman kesana kemari untuk membiayai sekolah kami. Beliau tak pernah kenal lelah, berani menanggung malu demi kami anak-anaknya bisa bersekolah sampai dengan jenjang perguruan tinggi. Dan Alhamdulillah, berkat doa dan jerih payah dari emak, ketujuh anaknya semua bisa berhasil menyelesaikan perguruan tinggi, termasuk saya yang bisa selesai kuliah di STAN.

Kini beliau telah memasuki usia senja, namun beliau tak pernah lupa untuk selalu mendoakan keberhasilan bagi anak-anaknya, dan selalu terngiang-ngiang di telinga saya kata-katanya "Cukuplah bagi emak melihat keberhasilan kalian anak-anak emak, emak gak pernah mengaharapkan apa-apa dari kalian". Itulah emak dan juga mungkin ribuan emak atau jutaan emak yang lain yang ada di seluruh dunia selalu tulus dan ikhlas mengerahkan segenap jiwa raga, menumpahkan tetesan keringat dan air mata dan juga jutaan kalimat doa diajukan untuk keberhasilan dan kebahagiaan anak-anak mereka, sementara mereka cukup bahagia ketika mereka melihat senyum kebahagiaan dan keberhasilan anaknya tanpa mengharapkan sesuatu yang diberikan oleh anak-anak mereka.

Selamat Hari Ibu bagimu... Emak, semoga kami anak-anakmu mampu menjadi apa yang engkau harapkan... amien...



8 comments:

Ocim said...

mudah2an anda mendapat rezeki yang lebih saya doakan .. met hari emak semuanya

seno said...

Selamat hari simbok he.h.e.., semoga ini bukan menjadi acara tahunan tapi acara setiap saat he..he..

Febry Sabrina said...

selamat hari ibu juga ...salam hangat buat emak....:D

' Li ' said...

Selamat hari Emak....^^

Lyla Fitri said...

selamat hari emak selamat pula buat emak2 di seluruh pelosok nusantara :)

tan3ยช said...

hiks...terharu....
makkk.....pengen mulih makkkk......

erwin said...

ibu tiada duanya

u said...

oh ibu segalanya jiwa ragaku