19 October 2014

Bimtek Akuntansi Akrual di KPPN Cirebon

Pada tanggal 15 dan 16 Oktober yang lalu kebetulan dapat jadwal jadi nara sumber Bimtek Akrual di KPPN Cirebon. Materi yang harus disampaikan cukup berat, karena saya harus memberikan materi tentang Bagan Akun Standar dan Jurnal Standar serta Simulasi ke Pelaporan Keuangan, padahal waktu Training sebagai Trainer, saya cuma dapat ilmu tentang Aplikasi SAIBA, Aplikasi yang akan digunakan satker untuk membuat laporan keuangan mulai tahun 2015. Namun tentu saja saya akan berupaya untuk menyampaikan materi tersebut sebaik mungkin, mengingat modul dan panduan mengajar materi tersebut sebelumnya sudah pernah saya baca-baca sedikit.

Perjalanan Bandung ke Cirebon saya menggunakan Happy Travel, yang menurut web-nya akan memberikan layanan yang ekslusif, aman dan nyaman. Namun pada kenyataannya, saya merasa dikecewakan oleh travel tersebut. Sesuai jadwal, seharusnya jam 6 pagi travel sudah berangkat dari Bandung ke Cirebon, namun dengan alasan menjemput penumpang yang lain, saya baru dijemput pukul 7.30. Dengan wajah tanpa merasa bersalah, sang supir datang menjemput tanpa permintaan maaf sepatah kata pun, padahal yang bersangkutan menelpon saya dari jam 5 pagi meminta saya agar bersiap untuk dijemput.

 Setelah menempuh perjalanan yang kurang menyenangkan selama kurang lebih 4 jam (karena supir ngebut, AC kurang berasa, sehingga keringat bercucuran sepanjang perjalanan), akhirnya tiba di KPPN Cirebon. Di KPPN Cirebon saya disambut beberapa pegawai KPPN Cirebon yang pernah bertugas di KPPN Bandung I serta Kasubag Umum yang juga pernah sama-sama bertugas di Samarinda.

Pukul 12.45 - 13.45 memberikan materi tentang Bagan Akun Standar, mulai dari definisi BAS, kemudian penjelasan tentang 12 segmen dalam BAS, serta penjelasan tentang jenis-jenis akun belanja yang biasa digunakan, terutama menjelaskan penggunaan akun belanja barang dan akun belanja modal. Setelah itu jam 14.00 - 16.00 dilanjutkan dengan materi Jurnal Standar dan Simulasinya dalam pelaporan keuangan. Sesuai panduan mengajar, saya pun harus menyampaikan tentang persamaan akuntansi dan pencatatan jurnal sederhana terkait akun aset, kewajiban, ekuitas, beban dan pendapatan. Dilanjutkan dengan penjelasan jurnal standar akuntansi akrual serta simulasinya dalam pembuatan laporan keuangan. 

Pada hari ke-2, giliran saya menjadi team teaching untuk materi aplikasi SAIBA, di sini tugas saya mendampingi nara sumber dari KPPN Cirebon, pada saat praktikum aplikasi SAIBA, kami berkolaborasi untuk memberikan bimbingan teknis kepada para peserta tentang bagaimana mengoperasikan aplikasi SAIBA. Dan dari soal praktikum pada modul yang diberikan, hampir sebagian besar peserta dapat mengerjakan dengan baik dan benar. Dan sedikit doorprize, saya memberikan reward kepada beberapa peserta yang telah membuat laporan keuangan berupa Laporan Operasional, Laporan Perubahan Ekuitas, dan Neraca dengan baik dan benar berupa coklat silverqueen, yang tentu saja disambut dengan antusias oleh para peserta.

Demikian sedikit pengalaman menjadi Nara Sumber Bimtek Akuntansi Akrual, yang tentunya menambah pengalaman dan wawasan baru bagi saya, untuk dapat diterapkan dalam tugas-tugas selanjutnya...

0 comments: