25 January 2016

Berapa Lama Tubuh Anda Bertahan Tanpa Asupan Makanan


Kita semua tau bahwa makanan itu merupakan suatu yang sangat penting bagi tubuh kita untuk bertahan hidup. Dan pastinya makanan itu memiliki banyak cita rasa yang berbeda-beda dan beberapa diantaranya pasti sangat lezat bagi anda. Tapi tahukah anda, apa yang akan terjadi kalo anda berhenti mengkonsumsi makanan ?

Sebuah video yang dirilis oleh AsapSCIENCE menunjukkan fakta mengejutkan tentang reaksi tubuh ketika benar-benar tidak mendapat asupan makanan selama 3 minggu. Hal Ini tentu bisa jadi perhatian khusus bagi mereka yang sedang melakukan diet ketat.





Enam Jam Pertama Tanpa Asupan Makanan
Pada tahap ini semuanya masih terasa normal, tetapi tubuh anda mulai memecah glikogen yang mengubah energi dalam tubuh menjadi glukosa. Seperti diketahui, sekitar 25 persen dari energi yang dihasilkan digunakan khusus untuk otak anda dan sisanya untuk otot, serta sel-sel darah merah. Setelah lebih dari enam jam, produksi energi akan berhenti karena produksi glikogen terkuras habis. Hal tersebut dapat mempengaruhi kondisi psikologis anda sehingga anda menjadi orang yang mudah marah/emosi.


6 s.d. 72 Jam Tanpa Asupan Makanan
Karena sudah hampir lebih dari satu hari tidak mendapat asupan makanan, pada tahap ini kondisi tubuh Anda mulai masuk pada keadaan yang disebut ketosis. Keadaan ini terjadi karena minimnya kandungan karbohidrat, sehingga memaksa tubuh anda untuk menggunakan lemak sebagai sumber energi. Karena lemak tidak dapat dialirkan ke pembuluh darah, maka otak anda merespon untuk merubah lemak menjadi asam lemak (Keton) dan hanya 75% energi yang bisa diterima otak agan dari keton. Bagimanapun otak agan tetap butuh glukosa. Kondisi seperti ini disebut ketosis dan dalam kondisi ini fungsi kognitif pada otak anda mungkin akan mengalami sedikit gangguan.

Perlu anda tau, orang tidak harus kelaparan agar tubuhnya memasuki fase ketosis. Fase ketosis ini biasanya terjadi pada orang yang diet karbohidrat dan juga sering terjadi pada atlit professional yang tubuhnya memproses karbohidrat secara boros seperti pelari marathon.


Lebih dari 72 Jam Tanpa Asupan Makanan 
Lebih dari 72 jam tanpa asupan makanan, anda akan merasakan bad mood dan tubuh anda terus mengalami penderitaan. Tanpa glukosa dan lemak, otak anda akan merespon untuk memecahkan protein dari otot anda untuk digunakan sebagai energy. Protein akan melepaskan asam amino dan diubah menjadi glukosa. Ini merupakan faktor yang baik bagi otak anda tetapi merupakan hal yang buruk bagi tubuh anda. Pada dasarnya, tubuh anda akan mengorbankan dirinya sendiri dengan cara menghancurkan massa otot anda.

Pada wanita dalam fase ini dapat mengalami gangguan menstruasi dikarenakan karena tubuh mulai membatasi penggunaan energy. Wanita dan pria juga akan merasakan penurunan libido.



1 s.d. 2 Minggu Tanpa Asupan Makanan 
Pada fase ini, karena tubuh anda tidak mendapatkan asupan vitamin dan mineral maka sistem kekebalan tubuh anda menjadi lemah dimana mungkin dapat menyebabkan seseorang meninggal dunia karena rentan terserang penyakit.

Selain itu tubuh anda akan tetap bekerja dan menggunakan semua sumber energy yg tersisa hingga tubuh anda kehabisan glukosa, lemak, dan massa otot. Jika kematian terjadi pada fase ini, umumnya disebabkan oleh penyakit kardiovaskular seperti gagal jantung karena jantung kehilangan massa ototnya sehingga tidak cukup kuat lagi untuk memompa darah. Hal seperti ini juga biasanya terjadi pada penderita anorexia dimana organ2 tubuhnya mulai berhenti bekerja. 




3 Minggu s.d. 70 Hari Tanpa Asupan Makanan 
Pada umumnya kelaparan akan menyebabkan kematian pada sekitar 3 minggu - 70 hari seperti yang telah terjadi ketika Irlandia dilanda kelaparan pada tahun 1981. Dan bagaimanapun juga durasi atau waktu lamanya anda bisa bertahan hidup tanpa asupan makanan sangat dipengaruhi oleh jumlah lemak dan tingkat dehidrasi tubuh anda

2 comments:

LANG DUKUH said...

DAPATKAN PENGHASILAN DARI BLOG DENGAN ALTERNATIF IKLAN ADSENSE
MUDAH.. DAN CEPAT PROSESNYA,TIDAK HARUS MENUNGGU,TIDAK HARUS BLOG DENGAN BAYAK KONTEN,TIDAK PERLU PERSETUJUAN,PELUANG DIKLIK PENGUNJUNG BESAR,

Dewi Aja said...

Perkenalkan, saya dari tim kumpulbagi. Saya ingin tau, apakah kiranya anda berencana untuk mengoleksi files menggunakan hosting yang baru?
Jika ya, silahkan kunjungi website ini www.kbagi.com untuk info selengkapnya.

Di sana anda bisa dengan bebas share dan mendowload foto-foto keluarga dan trip, music, video, filem dll dalam jumlah dan waktu yang tidak terbatas, setelah registrasi terlebih dahulu. Gratis :)