04 December 2008

Selesaikan Masalah dengan Sholat


Yang namanya masalah gak akan jauh dari kehidupan manusia. Setiap orang punya masalah, dari masalah yang ringan sampai masalah yang berat, dari yang kecil sampai yang besar. Dari rakyat sampai pejabat, dari pengangguran sampai anggota dewan, dari tukang gali sumur sampai tukang insinyur, dari tukang sendal sampai jenderal, dari wong ndeso sampai wong kuto dari sabang sampai merauke, dari tanah abang ampe rawa bangke... semuanya punya masalah.... tul gak...?

Dan untuk menyelesaikan masalah setiap orang menempuh cara yang berbeda-beda, orang-orang miskin misalnya, untuk menyelesaikan masalah kemiskinannya ada yang bekerja banting tulang (kok tulang dibanting-banting yach..) kerja keras, ada yang mencuri, ada yang mengemis, ada yang ngerampok, ada yang pergi ke dukun yang katanya bisa melipat gandakan uang... (apa bener)... yach pokoknya ada-ada aja. Rakyat menyelesaikan masalahnya dengan berdemo(menuntut kesejahteraan), pejabat menyelesaikan masalahnya dengan korupsi (supaya cepet kaya), dan berbagai macam cara lainnya yang tentunya sebagian besar dengan mengerahkan seluruh tenaga, kemampuan, dan kekuasaannya masing-masing. Dan terkadang orang yang tidak mampu menyelesaikan masalahnya, mereka lari dari masalah, meninggalkan masalah dan mencari jalan pintas dengan melakukan bunuh diri... apakah setelah bunuh diri masalah akan selesai, tentu saja tidak, malahan mereka akan mendapatkan masalah yang amat besar, yang ada ujungnya dan tidak ada akhirnya, yaitu masalah di akhirat.

Masalah dalam kehidupan manusia, baik yang berupa ujian, peringatan ataupun azab semua datangnya dari Allah. Dan tidak ada masalah yang diberikan kepada manusia melainkan semua ada hikmah dibaliknya. Dan untuk mengatasi segala masalah, Allah telah memberikan solusinya... apakah itu ??? Jawabannya adalah sholat.. yups sholat, "mintalah pertolongan dengan sabar dan sholat". Masalah kecil, masalah besar, masalah ringan, masalah berat selesaikanlah dengan sholat. Apa dengan sholat semua masalah akan selesai...??? Semua tergantung dengan keimanan dan keyakinan manusia kepada kebesaran Allah. Jika manusia yakin bahwa jiwa dan raganya berada dalam genggaman Allah, dan yakin bahwa dunia ini juga berada dalam genggaman dan kekuasaan Allah, tentunya tidak ada masalah yang tidak bisa diselesaikan oleh Allah Zat yang semua makhluk berada dalam genggaman-Nya.

Bila kita melihat kisah generasi terbaik di muka bumi ini yaitu para shohabat nabi rodhiyallahu anhum, kita akan melihat bukti nyata bahwa sholat bisa menyelesaikan masalah. Misalnya kisah tentang seorang shohabat yang mengalami kemarau yang panjang dan kebun-kebun mengalami kekeringan, maka ia pun sholat dua rakaat di kebunnya, kemudian turunlah hujan yang hanya turun di atas kebunnya. Kemudian, ada lagi kisah Muadz bin Jabal yang ketika berdakwah di suatu negeri dan terhalang gunung, maka ia pun sholat dua rakaat, kemudian gunung itu pun terbelah membukakan jalan untuk Muadz r.a. Ada lagi kisah shohabat Ali r.a. yang beberapa hari mengalami kelaparan bersama keluarganya, kemudian dia sholat, dan setelah beberapa kali sholat, mesin gandumnya berputar mengeluarkan butir-butir gandum yang sebelumnya sama sekali tidak dimasukkan biji gandum ke dalamnya. Dan menurut suatu keterangan, apabila Ali tidak memerintahkan gilingan gandum itu untuk berhenti berputar, mungkin gilingan gandum itu akan terus berputar dan mengeluarkan gandum sampai hari kiamat. Subhanallah, tiada yang tidak mungkin bagi Allah, dengan mengucapkan "Kun" Jadi, Fayakun (maka terjadilah). Dan banyak lagi kisah-kisah para shohabat yang telah mengalami bukti nyata bahwa dengan sholat akan menyelesaikan segala masalah... Wallahu a'lam

Saya pun Alhamdulillah telah membuktikannya...sholat telah menyelesaikan masalahku

1 comments:

Dewi Aja said...

Perkenalkan, saya dari tim kumpulbagi. Saya ingin tau, apakah kiranya anda berencana untuk mengoleksi files menggunakan hosting yang baru?
Jika ya, silahkan kunjungi website ini www.kumpulbagi.com untuk info selengkapnya.

Di sana anda bisa dengan bebas share dan mendowload foto-foto keluarga dan trip, music, video, filem dll dalam jumlah dan waktu yang tidak terbatas, setelah registrasi terlebih dahulu. Gratis :)