31 January 2012

Live Chatt bersama Prof. Djohar Arifin (Ketum PSSI)


Sebagai bentuk kepedulian Detik Forum dalam membangun Sepakbola Indonesia, pada hari Selasa tanggal 31 Januari 2012 diadakan Live Chat bersama Profesor Djohar arifin Ketua Umum PSSI, berikut sebagian chat penghuni detik forum dengan sang Ketua Umum PSSI

Djohar_Arifin :

Halo detikers,

Assalamualaikum , semoga semua kita semangat membangun sepak bola Indonesia yg bersih dan jujur. Dan kita harus mulai dengan mengutamakan prestasi.

----------------------------------------------------------

fajarmuhasan :

Usul utk PSSI:
Mohon dalam kongres tahunan nanti dibuatkan agenda pembatalan/anulir hasil kongres Bali

Tanya:
Akan seperti apa format kompetisi jika klub2 di PT LI kembali ke PSSI?

Djohar_Arifin :

1. Kami akan bahas ini semua, untuk mengembalikan sepak bola ke jalan yg benar. Selama ini terlampau banyak pesanan di dalam keputusan-keutusan kongres dan juga didalam statuta sendiri.

Reformasi kita gerakan tidak mudah, karena orang masih berpikir dengan cara lama. Jadi tentu mereka tidak ingin adanya perubahan.

2. Kami akan tampung semua klub yg ingin kembali ke rumah dan bisa saja formatnya menjadi 2 grup. Tapi yg penting semua kompetisi harus dikendalikan oleh federasi.

FIFA sangat melarang adanya kompetisi di luar federasi.

----------------------------------------------------------

mans :

Pak Djohar, kenapa Persija yg diakui PSSI, Persija yg gak ada Bepe-nya? Pertimbangannya waktu itu seperti apa?

Djohar_Arifin :

Kita bukan memilih pemain, tetapi Persija mana yg paling kuat badan hukumnya. Dan ini bukan keputusan saya sendiri, tetapi diputuskan dalam rapat EXCO secara aklamasi.

----------------------------------------------------------

rooney2309 :

@Pak Djohar

Untuk Kongres Tahunan mengenai kepesertaan dimana kalau tidak salah di pasal 23 Statuta PSSI ... CMIIW

dengan adanya konflik di tubuh PSSI ataupun kompetisi poin poin diatas digantikan atau bagaimana??

kalau menurut Saleh Mukadar disini : http://metrotvnews.com/read/news/201...ongres-PSSI/14
untuk poin a digantikan klub klub IPL... apakah benar? lalu bagaimana dengan klub yang statusnya masih dalam proses hukum karena dualisme?
seandainya yang menang adalah klub yang berada di kompetisi breakaway league apakah otomatis klub yang ada di IPL masuk sebagai anggota PSSI?

yang kedua... terkait pandangan "negatif" pemerhati sepakbola tanah air tentang kompetisi IPL
dimana dinyatakan bahwa itu merupakan reset kompetisi.. untuk menuju arah profesionalisme

tapi terkait berita disini :

Code:
http://www.goal.com/id-ID/news/1387/...iikuti-24-klub
ada kalimat : Sedangkan PSMS dan Persebaya disebabkan punya pendukung banyak, sejarah, serta keinginan dari sponsor. Sementara Bontang FC dipilih karena terbaik dari klub yang degradasi.”

itu benar pernyataan dari anda pak Djohar?

kalau iya kenapa justru untuk reset kompetisi pakai alasan tsb?

lalu kemana hasil verifikasi dari AFC yang menyatakan 6 klub lolos verifikasi dari AFC dimana "Poin badan hukum dan audit (keuangan) bernilai tinggi. Keenam tim itu dinyatakan profesional karena mampu melengkapi 15 poin yang disyaratkan sebagai klub profesional.

yang terakhir...

bagaimana sosok Pak Djohar Arifin menilai "rivalitas" antara Arifin Panigoro vs Nirwan Bakrie di sepakbola tanah air??

itu saja pertanyaaan dari saya .. maaf kalau terlalu panjang

dan yang terakhir saran saja buat kepengurusan PSSI baru (walau kemungkinan besar tidak akan dilakukan oleh Pengurus PSSI baru) :

1. segera hentikan dua kompetisi yang sedang berlangsung yaitu ISL & IPL
2. peserta Kongres sesuai dengan peserta KLB Solo
3. lalukan rekonsiliasi dan buat produk hukum baru di PSSI melalui Kongres
4. baru pembahasan kompetisi reset dari 0 mengacu hasil verifikasi AFC/FIFA

Djohar_Arifin :

1. Peserta kongres adalah sesuai dengan pasal 23 statuta PSSI. Jadi tidak ada yg berubah. Dan peserta diambil dari kompetisi yg dibawah kontrol PSSI. Ini sesuai dengan perintah FIFA dan statuta PSSI.

2. AFC telah memberi tenggat waktu 3 tahun kepada PSSI untuk menjadikan semua klub menjadi profesional sejak tahun 2008, jatuh temponya tanggal 14 Oktober 2011. Ternyata tidak ada 1 klub pun yg memenuhi kriteria yg diminta oleh FIFA. Kriteria yg dimaksud adalah:

1. Mempunyai badan hukum, dokumen yg diakui negara
2. Mempunyai infrastruktur, seperti stadion dll
3. Mempunyai dana pendukung
4. Manajemen profesional
5. Supporting, pembinaan berjenjang usia muda.

Ternyata tidak ada satu klub pun yg memenuhi kriteria tersebut. Maka AFC mengatakan semua klub anggota PSSI tidak peduli divisi manapun boleh menjadi klub profesional asal memenuhi kriteria di atas.
Artinya klub tidak dipandang lagi dari level mana dia kompetisi sebelumnya. Jadi klub divisi 3 pun kalau memenuhi syarat bisa ikut kompetisi profesional.
jadi jangan heran ada klub yg berada di bawah pada kompetisi yg lalu, bisa berada di level atas karena penilaian AFC mereka mempunyai poin yg tinggi terhadap 5 kriteria tersebut.

3 Saya sangat berharap kedua tokoh sepakbola ini bisa kita satukan. Alangkah dahsyatnya ya sepakbola Indonesia, saya berusaha untuk ke sana. Tetapi jika ada detikers yg bisa menyatukan tentu lebih baik.

---------------------------------------------------

awanbiru :

pak djohar, kenapa klub2 ISL ge dipecat dari keanggotaan PSSI ???

Djohar_Arifin :

hukuman ini memang tidak kita senangi, tetapi statuta FIFA dan PSSI memerintahkan menghukum klub yang tidak mau ikut kompetisi dibawah federasi.

---------------------------------------------------

copoers :

untuk pak djohar terima kasih telah membuka forum di detiksport.com....

saya ingin bertanya
1. bagaimana kesinambungan program PSSI dari daerah sampai nasional....???
2. klub2 yang ikut di ISL atau IPL seperti persija, arema, dan persebaya.... haruskah memiliki nama baru....??
3. kebanyakan antek2 PSSI dulu ada di ISL,,, bagaimana tindakan PSSI...??
4. apakah KLB bisa menggulingkan PSSI seperti penggulingan Mas Nurdin,,,, apa kekuatan yang dimiliki PSSI...???
5. Saya mendukung PSSI dan menonton IPL,,, usahakan Milan datang ke Indonesia donk,,, Om Djohar......!!!!!!!


untuk detik,,, tolong di rangkum hasil diskusi.....
agar saya bisa membaca lebih mudah di detiksport.com/sepakbola

thanks.....

Djohar_Arifin :

1. Kita sudah undang semua pengprov dan klub untuk segera melaksanakn program utama kita yaitu kompetisi masing-masing. Seperti selama ini pemprov dan pencab dan klub banyak yang tidur karena kompetisi tidak ada tetapi sekrang ini memutar seleuruh jenjang kompetisi dari IBL divisi utama divisi satu divisi 2 divisi 3 dan suratin cup diharapkan bulan februari ini, semua sudah berputar di seluruh tanah air. Bayangkan betapa bergeloranya susana ini dan tentu para pemain-pemani didaerah akan giat berlatih untuk memperkuat klubnya masing-masing. Memang handicup yang ada terutama dana tetapi kami berusaha membantu dana penyelenggaraan.

2. Persija Arema dan PSMS tidak perlu ganti nama tetapi kedua pengurus yang melembutkan hatinya. Untuk membangun sepakbola di klubnya masing-masing. Tidak ada yang untung dari perpecahan itu dan malah semuanya rugi. Alangkahnya hebatnya kalau kedua kubu bisa bersatu.

3. Memang antek2 pengurus lama masih bercokol di ISL dan pemprov. Mereka belum ikhlas dan belum sadar bahwa pengurus lama sudah ganti. Oleh karen itu demi lancarnya program2 PSSI di daerah maka pemprov yang tidak mau melaksanakan program ya.. kita bekukan.

4. Untuk melaksanakan kongres apa saja di PSSI harus ada persetujuan FIFA. FIFA dalam suratnya dengan tegas mengatakan tidak mengizinkan adanya KLB.

5. Insya Allah Inter Milan akan bermain di Jakarta pada tanggal 24 dan 26 Mei 2012. Inter Milan hanya tur ke Indonesia. Setelah itu kembali ke Italia. DI Jakarta bermain melawan liga selection dan Timnas PSSI.

------------------------------------------------------

tinung :

Pak Johar, dulu ada yg beranggapan PSSI telah melakukan kesalahan karena disetir pihak dari luar struktural PSSI, apakah sekarang PSSI tidak mengulangi kesalahan yg sama???

Djohar_Arifin :

Insya Allah tidak. Karena inilah kesempatan saya membangun sepak bola Indonesia. Selama ini saya selalu diminta sebagai pembicara di seminar-seminar sepak bola di tanah air. Saya mengangkat konsep membangun sepak bola Indonesia dan usulan-usulan kepada pengurus PSSI.

Alhamdulilah sekarang saya yg mengendalikan PSSI, tentu inilah kesempatan saya untuk melaksanakan konsep-konsep yg telah lama saya siapkan.

1 comments:

anak-jelex said...

kunjungan hangat.. kunjung balik ya. jangan lupa follow nya.. :D