24 January 2017

ARCHERY CLUB

Memanah saat ini menjadi olahraga yang sedang digandrungi, olahraga ini merupakan salah satu olahraga yang dianjurkan oleh Rasulullah SAW, sebagaimana hadits Dari Abi Rafi’, dia bertanya,”Ya Rasulullah, apakah ada kewajiban atas kita terhadap anak kita, sebagaimana kewajiban anak kepada kita?”. Rasulullah SAW menjawab,”Ya, hak anak atas ayahnya adalah diajarkan membaca, berenang dan memanah”. (HR Bukhari Muslim). 
Dan memanah merupakan hiburan dan permainan yang disunnahkan sebagaimana Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Tidak ada hiburan kecuali dalam tiga hal; seorang laki-laki yang melatih kudanya, candaan seseorang terhadap isterinya, dan lemparan anak panahnya. Dan barangsiapa yang tidak memanah setelah ia mengetahui ilmunya karena tidak menyenanginya, maka sesungguhnya hal itu adalah kenikmatan yang ia kufuri.” (HR. Nasa’i – 3522) dan Dari Jabir bin Abdillah radhiyallahuanhu bahwa Rasulullah SAW bersabda,”Segala sesuatu yang di dalamnya tidak mengandung dzikrullah merupakan perbuatan sia-sia, senda gurau, dan permainan, kecuali empat (perkara), yaitu senda gurau suami dengan istrinya, melatih kuda, berlatih memanah, dan mengajarkan renang.” (HR. An-Nasa’i).
Dan saat ini banyak bermunculan klub-klub memanah atau Archery Club, salah satunya Saad Bin Abi Waqqosh Archery Club, club memanah yang didirikan oleh beberapa guru TPA di daerah Jakarta Barat ini, selain dibentuk dan dikembangkan untuk menghidupkan kembali olahraga sunnah, club memanah ini juga bertujuan agar masyarakat muslim memperoleh manfaat dari olahraga memanah, manfaat olahraga memanah antara lain yaitu : menjaga fleksibilitas otot jari tangan, lengan, hingga pundak, melatih keawasan atau ketajaman pandangan mata, dan melancarkan peredaran darah dalam tubuh. Selain itu juga bisa melatih konsentrasi dan fokus, menjaga kesabaran, juga membiasakan kita agar selalu berpikir positif.

Saad Bin Abi Waqqosh Archery Club
Archery Club yang biasa mengadakan pelatihan di Lapangan SMP Al-Isro, Komplek Masjid Raya Al-Isra, Jakarta Barat, memberilkan pelatihan memanah bagi anak-anak, komunitas remaja masjid, pemuda karang taruna, dan yayasan/perusahaan yang ingin mendapatkan pelatihan memanah. Biaya pelatihan cukup murah, Rp 50.000 per orang untuk 4 kali pertemuan. Di samping itu, Club memanah ini juga menyediakan alat-alat latihan memanah seperti Busur, Anak Panah, Target dan perlengkapan lainnya dengan harga yang cukup murah, karena alat-alat tersebut dibuat sendiri alias hand made.

Anak Panah hand made
Anak panah kualitas lokal dijual Rp 240.000 per lusin, atau Rp 20.000 per batang. Sedangkan anak panah kualitas impor dengan Speknya ujungnya besi, batang nya bambu petung, vanes bulu angsa, nock plastik fiber dijual Rp 540.000 per lusin, atau Rp 45.000 per batang.

Anak Panah Impor
Untuk busur dijual dengan kisaran harga Rp 200.000 sampai dengan Rp 400.000 sesuai dengan kualitas dan jenis bahan.

Busur Rp 200.000

Busur Rp 300.000

Busur Rp 400.000
Jika anda berminat untuk mengikuti pelatihan memanah, untuk anak-anak, remaja masjid, pemuda karang taruna, yayasan/perusahaan, atau berminat untuk membeli peralatan memanah dengan dengan harga terjangkau, sila hubungi Saudara Nano, Archery Club Saad Bin Abi Waqqosh, WA : 0815 7415 0702

0 comments: