02 July 2008

BELAJAR NGE-BLOG

Sudah satu minggu ini saya banyak menghabiskan waktu melototin komputer, nyari-nyari info cara bikin blog, ngunjungin blog tutorialnya orang-orang baik hati yang mau berbagi ilmu tentang cari bikin blog, sambil jalan-jalan kunjungan ke blog-blog orang terkenal kaya blognya om wilmar witoelar, kang fatihsyuhud, ampe blognya mas iyo, blogger muda yang pernah muncul di acara perspektifnya om wilmar.

Di usia yang lumayan tua sekarang ini, emang baru kepikiran mau bikin blog, di samping karena lagi trend, bikin blog kayanya lumayan perlu buat seorang pegawai negeri kaya saya ini, yach paling engga buat ngabisin waktu supaya gak terbuang percuma, menumpahkan apa yang ada di kepala, mengeluarkan apa yang memenuhi isi hati, yach sapa tau juga bisa jadi sumber rejeki. Yang terakhir ini kayanya belum untuk sekarang-sekarang ini tentunya, karena sapa yang mau ngunjungi blog saya yang acak kadul dan gak karu-karuan ini. Sementara kalo emang mau menjadikan blog sebagai sumber rejeki paling enggak yach harus selalu meningkatkan traffic kunjungan blog yang dibuat, makin banyak yang ngunjungin,blog tersebut makin berpotensi untuk di jadikan mesin pencari uang.

Tapi nanti dulu lah, karena pengetahuan nge-blog saya yang masih minim, kayaknya sekarang ini cuma fokus untuk belajar, belajar, dan belajar bikin blog.

Hal yang paling penting yang harus ditentukan sebelum kita bikin blog menurut om wicaksono dalam blognya, ternyata adalah menentukan untuk siapa blog dibuat. Yach... untuk siapa Blog dibuat, apa cuma buat diri sendiri or orang lain. Kalo blog dibuat untuk diri sendiri, tentunya kita bebas berekspresi menumpahkan apa yang ada di kepala, dan itu gak akan ada yang larang. Tapi kalo kita niat bikin blog untuk bisa di nikmatin orang lain or dalam kata lain supaya dikunjungin orang, maka tentu saja apa yang kita tuangkan ke dalam blog kita yach tulisan yang menarik minat orang lain.

Kalo saya tanya temen-temen yang dah duluan bikin blog, kebanyakan mereka bikin cuma buat iseng-iseng aja, tentu saja gak ada salahnya, namun kalo saya pribadi sebetulnya pingin sekali membuat blog yang nantinya bisa menarik kunjungan orang lain, yach sapa tau bisa jadi usaha sampingan untuk nambah-nambahi recehan di kantong. Tapi apa daya, orang primitip macam saya yach mana bisa buat blog yang bisa menarik minat orang, seperti blognya mas bayu ari murti, bocah sma yang sukses dengan blognya yang banyak iklannya itu.

Walah... kenapa saya jadi mikir yang muluk-muluk, baru belajar aja kok mikirin uang, dah mulai gak fokus belajarnya nich...
Hayyo semangat, belajar, belajar, dan belajar...